Latest Updates

Error Saat Menginstall SQL Server 2012

SQL Server merupakan software yang sering digunakan dalam perkuliahan di Indonesia (SQL Server All Version). Biasanya mata kuliah yang menggunakan SQL Server 2012 ini adalah Database Administrator dan SQL Server. Kemudian untuk menunjang pembelajaran materi itu biasanya mahasiswa disuruh untuk menginstall software tersebut di laptop/ PC masing-masing. Nah, biasanya orang yang pertama kali menginstall Sql Server 2012 ini dihadapkan pada beberapa masalah diantaranya ada yang paket-paket pendukung belum di Install , software masternya yang error atau pada saat penginstalan menjumpai error. Kali ini saya akan bahas cara menangani error tersebut.

Pertama ,  Biasanya orang yang pertama kali menginstall SQL Server 2012 ini lupa menginstall paket-paket tambahan. Sehingga akan menyebabkan program mengalami error.
Paket-paket yang wajib diinstal sebelum menginstall SQL Server 2012 ini antara lain:
1. Microsoft Net Frame Work 4 (bisa di download di SINI)
2. Microsoft Powershell 2.0 (bisa di download di SINI)

Kalo untuk yang sunahnya yaitu menginstall Microsoft Net Framework 3.5

Kedua , Mungkin kalian juga pernah menjumpai error seperti ini Rule "Prior Visual Studio 2010 instances requiring update." failed.

 
Error tersebut disebabkan karena belum terinstallnya komponen SQL Server 2012. Komponen tersebut adalah VS10sp1-KB983509.msp ,dimanakah letak komponen ini ?, letaknya adalah di dalam master SQL Servernya.
Cara untuk menanganinya adalah dengan mengekstrak software masternya terlebih dahulu.


Setelah terekstrak kemudian cari VS10sp1-KB983509.msp di dalam folder tersebut tepatnya di SQLManagementStudio_x64_ENU\redist\visualstudioshell lalu Installah.


Setelah terinstall lanjutkanlah proses penginstallan atau mulai ulang penginstallannya, terserah kalian.Berikut ini adalah gambar jika masalah telah diatasi.


Mungkin itulah beberapa masalah penginstalan SQL server 2012 yang pernah saya jumpai. Apabila menemukan masalah-masalah lain cobalah untuk berbagi disini lewat fitur komen yang telah disediakan. Thank You

1 Response to "Error Saat Menginstall SQL Server 2012"

  1. VS10sp1-KB983509.msp tidak bisa diinstal, awal prosesnya jalan, kemuadian mundur prosesnya bang , bantuannya bang ??

    ReplyDelete